Apa sih Musik Publishing itu?

Dapet duit dari music publishing sebagai band Indie?

jika kamu seorang penulis lagu maka kamu adalah pemilik hak cipta karya kamu dan bebas untuk bagaimana mengeksploitasi karya kamu.

bagaimana cara kamu mengeksploitasi sebuah karya yang kamu miliki, tentunya didalam industri musik dibutuhkan peran publisher dimana publisher inilah yang akan menjual belikan karyamu dan mengatur royalti untuk sang artis. dan untuk menghasilkan uang dari karya bisa terbagi menjadi beberapa cara yaitu:

  • Mechanical Royalti
  • Performance Royalti
  • Licenses for synchronization
  • Licenses for sampling
  • Print Rights for Sheet Music.
Fakta menarik : Print Rights for Sheet Music adalah jenis bisnis pertama kali yang dilakukan oleh seorang publisher. dimana pada awal industri musik masih belum mengenal radio dan alat recording. tentunya fakta ini termasuk pembahasan dalam program satu tahun Digital Music University di kelas History Of Recording.

Jadi istilah Music Publishing adalah bagaimana kita mendapatkan uang dari hasil karya kita.
jika kamu berkontribusi atau memiliki sebuah lagu dan lagu tersebut dijual di toko musik digital seperti iTunes, Amazon, dll. atau musikmu diputar sebuah radio seperti spotify, weezer, atau Youtube, maka karya yang sudah didaftarkan pada lembaga Publishing berhak meminta sebuah royalti pada pihak yang mempergunakan karya tersebut.

Maka DMU Production membantumu memperoleh royalti atas karya yang sudah dibuat dan direlease melalui DMU Production.

0 comments: