Performing Rights Organization ?

Performing Rights Organization (P.R.O) membantu penulis lagu dan publisher mendapatkan keuntungan dari karya yang dihasilkan dari setiap pertunjukkan yang mempunyai hak cipta dan harus membayar performance royalti.

Sebagai penulis lagu, komposer, berhak mendapatkan royalti performance selama dia memegang hak cipta lagu tersebut, walaupun terkadang mereka menjualnya kepada sang artis atau perusahaan rekaman. dan royalti ini didapatkan saat lagu tersebut dimainkan disebuah stasiun televisi entah sebagai opening sebuah sinetron ataupun film, atau lagu tersebut dibawakan secara live oleh seorang musisi maka sang musisi wajib membayarkan royalti kepada pemilik lagu.

Performance Rights Organization ini dibayarkan kepada lembaga seperti ASCAP, BMI, SESAC, and SOCAN (in Canada) dimana lembaga-lembaga tersebut menjembatani antara publisher dan penulis lagu.

dan untuk daftar lengkap Performing Rights Organization duni bisa klik disini

Tugas Performing Rights Organization
*Performance Royalti yang harus dibayarkan kepada publisher dan penulis lagu.

Bukan Tugas Performing Rights Organization
*Mechanical Royalti
*sync fee
*digital performance royalti untuk digital performance ini lembaga yang menangani adalah SoundExchange

Bagaimana kamu mendapatkan penghasilan dari publishing royalti yang kamu punya?
jika kamu tergabung dalam ASCAP atau BMI mereka akan membayar royaltimu setiap ada performance royalti terhadap karyamu. tetapi mereka tidak mengumpulkan mechanical royalti terhadap karyamu. maka untuk mendapatkan semua jenis royalti DMU Production menjembatani kebutuhan musisi Indie untuk mengumpulkan dan mengurus semua jenis royalti dan administrasi lainnya.

0 comments: